Melalui Terminal Linux

  • pertama, bukalah Terminal (a.k.a. Command Prompt di Ubuntu). Anda bisa menggunakan berbagai cara. Salah satu cara yang menurut saya paling mudah adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + T.
  • Setelah jendela Terminal terbuka, masukkan perintah berikut. 
sudo fdisk -l

  • Anda akan diminta memasukkan password. Masukkan password sistem, lalu tekan Enter
  • Setelah berhasil memasukkan password, Anda akan melihat beberapa tulisan yang ditampilkan. Anda bisa melihat alamat dari flashdisk Anda. Pada contoh kali ini, flashdisk saya berada pada alamat /dev/sdb1
Daftar Drive 
  • Pastikan flashdisk Anda tidak dalam keadaan terkait (a.k.a. ter-mount). Cara mengecek apakah flashdisk Anda terkait adalah dengan melihat pada Nautilus (file explorer-nya Ubuntu). Jika di samping nama flashdisk Anda terdapat tanda panah mengarah ke atas, berarti flashdisk tersebut sedang terkait.
Disk Termount
          Untuk Melepaskan Disk, masukan perintah pada terminal
sudo umount "alamat_flashdisk"
Melepas Kaitan Flashdisk
      Keterangan: gantilah "alamat_flashdisk" dengan alamat flashdisk yang Anda inginkan. Pada contoh kali ini alamat flashdisk adalah /dev/sdb1. Jadi, perintah yang dimasukkan adalah sudo umount /dev/sdb1.
  •  Setelah flashdisk berhasil dilepaskan kaitannya, tahap selanjutnya adalah mem-format-nya. Masukkan perintah berikut di Terminal.

sudo mkfs.vfat "alamat_flashdisk"
   
      Seperti pada langkah sebelumnya, gantilah "alamat_flashdisk" dengan alamat flashdisk yang Anda inginkan. Pada contoh kali ini alamat flashdisk adalah /dev/sdb1. Jadi, perintah yang dimasukkan adalah sudo mkfs.vfat /dev/sdb1.

       Yang juga perlu diperhatikan adalah vfat pada baris kode di atas memiliki maksud untuk mem-format flashdisk menjadi FAT. Bila ingin mem-format flashdisk dengan format yang lain, maka tinggal mengganti vfat dengan format yang diinginkan, semisal ext2, ext3,ext4, ntfs, hfs, dan lain sebagainya.

      Tunggulah proses hingga selesai. Ketika proses sudah selesai dan tidak ada pesan error, maka pem-format-an telah berhasil dilakukan.
mkfs Sukses
Kelebihan: Ringan, tidak memerlukan instalasi tambahan, membutuhkan autentikasi.

Kekurangan: Harus mengetikkan perintah, tampilan kurang menarik, harus tahu secara akurat flashdisk yang akan di-format.

Trima Kasih Atas Pengunjungannya... Jangan lupa balek lagi... :3

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Mr.exe / Template by : ZeroCool